Pegadaian Jadi Alternatif Butuh Dana Cepat, Bisakah Tanpa Jaminan?

- 2 Juli 2024, 08:29 WIB
Foto Uang Rupiah
Foto Uang Rupiah /freepik

INDEKSBABEL.COM - Pinjaman uang dari Pegadaian bisa menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan dana cepat. Sebagai perusahaan yang beroperasi berdasarkan prinsip gadai, Pegadaian memiliki tugas utama untuk memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan syarat pemberian jaminan.

Meskipun demikian, Pegadaian tidak menyediakan program pinjaman atau pembiayaan tanpa jaminan, sesuai dengan informasi yang tersedia di situs resminya. Mereka menegaskan bahwa nasabah harus menyediakan jaminan untuk meminjam uang.

Meskipun proses ini memerlukan jaminan, Pegadaian menjelaskan bahwa persyaratan yang mereka minta tidaklah sekompleks yang mungkin banyak orang bayangkan.

Dengan demikian, bagi yang ingin mengajukan pinjaman di Pegadaian, penting untuk mempersiapkan jaminan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di perusahaan ini.

Lantas, apakah perusahaan di bawah naungan BUMN itu menyediakan pinjaman tanpa jaminan? Berdasarkan situs resminya, Pegadaian tak punya program pinjaman atau pembiayaan tanpa jaminan.

“Pegadaian memang mengharuskan nasabahnya memberi jaminan ketika ingin meminjam uang, namun Anda perlu tahu bahwa jaminan yang disyaratkan oleh Pegadaian tidak serumit yang Anda kira,” kata keterangan Pegadaian, dikutip pada Senin, 1 Juli 2024.

Barang yang Bisa Jadi Jaminan

* Kendaraan Bermotor: Motor dengan masa produksi minimal 5 tahun terakhir, dan merek telah beredar di pasaran (kecuali pabrikan Tiongkok). Sementara, masa produksi mobil minimal 10 tahun terakhir.

* BPKB Kendaraan.

Halaman:

Editor: Marcus Crisinus Tedja Pramana

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah